Menurut Wikipedia, gaharu adalah kayu yang mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga Aquilaria. Resin ini digunakan dalam industri wewangian karena memiliki bau yang harum. Gaharu dihasilkan dari pohon penghasil gaharu. Pohon gaharu dapat ditemukan di hutan Pulau Sumatera dan Pulau Kalimantan, namun keberadaan pohon gaharu sekarang sudah sulit untuk ditemukan. Pohon gaharu dapat tumbuh di daerah hutan ataupun pekarangan rumah. Pohon gaharu dapat dipanen ketika umur pohon sudah mencapai 5-7 tahun.  
            Pohon gaharu dapat menghasilkan tidak hanya gubal gaharu tetapi ada juga kemedangan dan abu gaharu. Gubal gaharu, jika diumpamakan dengan pohon pinus, gubal gaharu adalah getahnya. Gubal gaharu digunakan dalam industri wangi-wangian. Gubal gaharu dan kemedangan diperoleh dengan cara menebang pohon penghasil gaharu yang telah mati, sebagai akibat terjadinya akumulasi damar wangi yang disebabkan oleh infeksi pada pohon tersebut. Serpihan-serpihan kayu gaharu sisa pemotongan dan pembersihan atau pengerokan, dikumpulkan kembali untuk dijadikan bahan pembuat abu gaharu.
Gaharu memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Permintaan yang terus menerus dan kelangkaan barang menjadikan harga gaharu menjadi fantastis. Harga gubal gaharu dapat mencapai 5-20 juta/kg, bergantung dari mutu gubal yang dihasilkan. Rata-rata perpohon gaharu umur 7 tahun dengan masa inokulasi 3 tahun (pada tahun ke-10) menghasilkan 25 juta lebih. Hasil lain dari pohon gaharu juga bernilai ekonomis yang tinggi. gaharu, selain dimanfaatkan sebagai bahan dasar wewangian Eropa, juga dapat digunakan untuk pembuatan kosmetik, dan kayunya dapat dijadikan bahan kerajinan.


Bibit Kayu Gaharu Unggul

Dapatkan bibit gaharu hanya di WARUNG BIBIT
(Produsen Tanaman Hortikultura Buah dan Kayu Berkualitas)

Alamat Kami :
Bpk USMAN
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari Rt 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp : 085729710988 (Call / WA)
          085228366998
          53E2E097 (BBM)