Bisbul merupakan tanaman buah yang menghasilkan buah yang sama namanya dengan pohonnya. Buah bisbul berasal dari Filipina yang beriklim muson, namun bisbul dapat beradaptasi pada iklim Indonesia. Buah bisbul sering juga disebut sebagai buah mentega, buah lemak dalam bahasa Melayu, sembolo dalam Bahasa Jawa. Buah bisbul merupakan kerabat dari buah kesemek, masing-masing buah ini memiliki kemiripan satu dengan yang lainnya. Buah bisbul dapat dimakan langsung sebagai buah segar ketika buah ini telah masak. Selain itu, buah bisbul dapat juga digunakan sebagai campuran dalam rujak. 

       Bisbul merupakan tanaman pohon yang tingginya dapat mencapai 30 meter, meskipun seringnya hanya berkisar 15an meter. Pohon bisbul memiliki batang yang lurus dengan pepagan berwarna kehitaman, sehingga pohon ini sering disebut sebagai pohon arang. Diameter pangkalnya dapat mencapai 50 cm, dengan tajuk pohon yang hampir semuanya berbentuk kerucut dan cabangnya tumbuh mendatar. Kayunya memiliki tekstur yang halus, kuat, dan keras, sehingga kayunya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan. Pohon bisbul tahan terhadap badai, tidak mudah roboh.
     Daun buah bisbul berbentuk lonjong dan rata pada tepinya. Daunnya bundar pada pangkalnya dan hampir lancip pada ujungnya. Daun tumbuh lebat dan berseling. Permukaan atas daun halus dan berwarna hijau mengkilat sedangkan permukaan bawah dauh berbulu halus berwarna keperakan. Daun muda berwarna hijau pucat sampai merah muda. 
     Bisbul merupakan tanaman berbunga dua. Bunga muncul di ketiak daun. Buahnya merupakan kelompok buni, berbentuk bulat atau bulat gepeng. Kulit buahnya berbulu, berwarna coklat kemerahan dan berubah menjadi agak kusam ketika buah sudah masak. Daging buahnya berwarna putih dan bertekstur kering sehingga dapat diiris-iris. Rasanya manis dan memiliki aroma yang harum. 
Pohon bisbul dapat tumbuh baik pada dataran rendah hingga ketinggian 800 mdpl. Tanaman ini dapat tumbuh pada semua jenis tanah. Setelah tumbuh, tanaman ini hampir tidak memerlukan perawatan apapun. Pemangkasan dilakukan pada cabang yang tumpang tindih atau pada batang yang menyentuh tanah.


Disini menyediakan bibit bisbul unggul, Warung Bibit

Alamat Kami :
WARUNG BIBIT (Bpk USMAN)
Jln. Kutoarjo-Bruno Km 07 Desa Bedono Karangduwur
Dusun Bulusari Rt 02 / 02
Kec. Kemiri, Kab. Purworejo - Jawa Tengah
Telp : 085729710988 (Call / WA)
          085228366998
          53E2E097 (BBM)